Pj.Sekda Papua Tengah Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila 2023

Nabire, Bertempat di lapangan Sapta Marga Kodim 1705/Nabire, telah dilaksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2023, bersama Forkopimda Provinsi Papua Tengah.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Pj. Sekda Provinsi Papua Tengah, Valentinus Sudarjanto Sumito. S.IP M.Si, mewakili Pj. Gubernur Papua Tengah.

Hadir dalam upacara ini, Dandim 1705/Nabire, Letkol Inf Doni Firmansyah, M.Han, Kapolres Nabire, AKBP I Ketut Suarnaya, SH., S.IK., Danyonif RK 753/AVT, Letkol Inf Justus Bernard Mara, S.Sos., M.IP., Dan Lanal Nabire, Mayor Laut (KH) Dominikus Tedju, Dan Denzipur 12/OHH, Mayor CZI Heri Kisyanto, Danyon Brimob Nabire, Kompol Deddy Agusthinus Puhiri, S.IK, Danpos Pasgat Wilayah Nabire, Letda (Pas) Totok, Kajari Nabire, Yedhivia Rum, SH., MH, Ketua Pengadilan Negeri Nabire, Rudy Setiawan, SH, Ketua Pengadilan Agama Nabire, H. Aris Habibudin Syah, S.H.I., M.H, Asisten I Setda Nabire, La Halim, S.Sos, para Pimpinan OPD di lingkungan Pemprov dan Pemkab Nabire, serta tamu undangan lainnya.

Read More

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Sekda Papua Tengah, Valentinus Sudarjanto Sumito S.IP M.Si, membacakan sambutan tertulis dari Pj. Gubernur Papua Tengah, DR. Ribka Haluk S.Sos MM, dengan tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.

Dikatakan, gotong royong merupakan nilai yang melekat pada diri bangsa Indonesia. Kerja sama antar bangsa menjadi kunci untuk mencapai kemajuan bersama.

“Tanggal 1 Juni merupakan momen istimewa bagi kita sebagai bangsa Indonesia, karena pada hari ini, kita mengenang lahirnya dasar negara kita yaitu Pancasila yang membentuk identitas dan persatuan kita sebagai suatu bangsa”, kata Pj. Sekda saat membacakan sambutan tertulis Pj.Gubernur Papua Tengah.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan Falsafah Dasar, Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, kekuatan pemersatu Bangsa dan sumber segala sumber huku, sesuai dengan pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil dan Makmur.

“Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yans Maha Esa untuk Bangsa Indonesia. Mari kita mengingat kembali Lima Prinsip yang terkandung dalam dalam Pancasila, Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan serta Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”, tegasnya.

Diakhir sambutan tertulisnya, Pj.Gubernur Papua Tengah mengatakan, saat kita merayakan hari lahirnya Pancasila, mari kita terus mengingat menerapkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita tetap menjaga keutuhan negara kita untuk mencapai cita-cita bangsa.

Kegiatan Upacara Bendera selesai berjalan dengan aman dan lancar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *